Rabu, 26 Oktober 2011

TUJUAN PEMBELAJARAN MENURUT BENYAMIN S. BLOOM
Domein Kognitif

Domein Kognitif berkenaan dengan berpikir, mengetahui, dan pemecahan masalah. Domein ini mempunyai 6 (enam) tingkatan. Tingkatan yang paling rendah menunjukkan kemampuan yang sederhana, sedangkan yang paling tinggi menunjukkan kemampuan yang kompleks/rumit. Tingkatan tersebut, dimulai dari yang paling rendah, yaitu:
1. Mengingat (Remember)
2. Memahami (Understand)
3. Menerapkan (Apply)
4. Menganalisis (Analyze)
5. Mengevaluasi (Evaluate)
6. Mencipta (Create)

Penjabaran dari keenam tingkatan tersebut di atas adalah:
1. Mengingat (Remember)
Mengingat diartikan sebagai mengeluarkan kembali (retrieve) pengetahuan yang relevan dari ingatan jangka panjang (long-term-memory). Mengingat ada dua macam, yaitu:
(a) mengenali (recognize); yaitu mengeluarkan kembali (retrieve) pengetahuan yang relevan dari ingatan jangka panjang (long-term-memory) untuk tujuan membandingkan dengan informasi yang diberikan. Dalam mengenali (recognize), peserta didik mencari informasi-informasi yang sudah tersimpan dalam (long-term-memory) yang sama atau mirip dengan informasi yang diberikan. Istilah yang bisa digunakan untuk mengenali adalah mengidentifikasi.
(b) Mengingat kembali (recall), yaitu mengeluarkan kembali (retrieve) pengetahuan yang relevan dari ingatan jangka panjang saat diberi petunjuk. Petunjuknya seringkali berupa pertanyaan.

2. Memahami (Understand)
Memahami artinya menyusun makna dari pesan-pesan pembelajaran, mencakup komunikasi oral, tertulis, dan grafis. Kemampuan memahami terdiri atas hal-hal berikut:
(a) menginterpretasikan, yaitu mengubah dari suatu bentuk representasi (misalnya numerik) ke dalam bentuk lain (misalnya verbal). Termasuk ke dalam kemampuan menginterpretasikan adalah mengklarifikasi, parafrase, merepresentasi, dan menerjemahkan.
(b) memberikan contoh, yaitu menemukan contoh atau gamabaran khusus dari suatu konsep atau prinsip umum, yang terdiri atas: menggambarkan (ilustrasi) dan instantiating.
(c) mengklasifikasikan, yaitu menentukan bahwas sesuatu memiliki kategori (misalnya prinsip atau konsep). Istilah lain dari kemampuan ini adalah mengkategorisasikan atau subsuming.
(d) merangkum, yaitu membuat abstraksi dari sebuah tema umum. Istilah lain dari kemampuan ini adalah kemampuan mengabstrasikan dan menggeneralisasikan.
(e) menyimpulkan (inferring), yaitu menggambarkan suatu kesimpulan logis dari informasi yang disajikan. Yang termasuk ke dalam kemampuan ini adalah menyimpulkan (concluding), membuat ekstrapolasi, interpolasi, dan meramalkan/memperkirakan (predicting).
(e) membandingkan, yaitu menemukan hubungan antara dua ide, objek, dan sebagainya. Yang termasuk ke dalam kemampuan ini adalah membedakan (contrasting), memetakan (mapping), dan memasangkan (matching), dan
(f) menjelaskan (explaining), yaitu kemampuan untuk menyusun dan menggunakan suatu model sebab akibat dari suatu sistem. Model tersebut bisa diambil dari suatu teori formal atau dari hasil eksperimen maupun pengalaman di lapangan. Istilah lain dari kemampuan ini adalah menyusun model (constructing models).

3. Menerapkan (Apply)
Menerapkan artinya menggunakan suatu prosedur dalam suatu situasi tertentu. Kemampuan menerapkan terdiri atas hal-hal sebagai berikut:
(1) melakukan, yaitu menerapkan suatu prosedur dalam tugas-tugas yang sudah dikenali.
(2) mengimplementasikan, yaitu menggunakan suatu prosedur dalam tugas-tugas yang belum dikenali.

4. Menganalisis (Analyze)
Menganalisis artinya menguraikan sesuatu ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana hubungan antara bagian-bagian tersebut dengan struktur keseluruhan atau tujuan. Kemampuan analisis terdiri atas kemampuan-kemampuan berikut:
(1) differentiating, yaitu memisahkan (distinguish) bagian-bagian yang relevan dari yang tidak relevan, yang penting dari yang tidak penting pada suatu materi. Istilah lain dari kemampuan ini adalah membedakan (discriminating), distinguishing, memfokuskan (focusing), dan memilih (selecting).
(2) mengorganisasikan (organizing), yaitu menentukan bagaimana suatu elemen cocok atau berfungsi dalam suatu struktur. Dalam mengorganisasikan, siswa membentuk suatu hubungan yang sistematik antara berbagai bagian informasi yan diberikan. Istilah lain dari kemampuan ini adalah: menyusun, mengintegrasikan, membuat outline, parsing, dan membuat struktur.
(3) mengatribusikan (Attributing), yaitu menentukan suatu sudut pandang, bias, nilai (value), atau tujuan yang mendasari materi yang disajikan.

5. Mengevaluasi (Evaluate)
Mengevaluasi artinya membuat penilaian (judgement) berdasarkan suatu kriteria atau standar tertentu. Kriteria yang paling sering digunakan adalah kualitas, keefektifan, efisiensi, dan konsistensi. Kemampuan mengevaluasi terdiri atas kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
(1) mengecek (cheking), yaitu menguji inkonsistensi atau kesalahan dalam suatu proses atau hasil, menentukan apakah suatu proses atau hasil memiliki konsistensi internal; mendeteksi keefektifan suatu prosedur saat diimplementasikan. Termasuk ke dalam kemampuan ini adalah kemampuan mengkoordinasi, mendeteksi, memonitor, dan menguji.
(2) mengkritik (critizing), yaitu mendeteksi inkonsistensi antara hasil dengan kriteria eksternal, menentukan apakah suatu hasil memiliki kriteria eksternal, mendeteksi kesesuaian suatu prosedur dengan masalah tertentu. Dalam mengkritik, peserta didik mencatat gambaran aspek-aspek positif dan negatif suatu produk serta membuat penilaian berdasarkan gambaran tersebut.

6. Mencipta (Create)
Mencipta artinya memadukan berbagai elemen untuk membentuk sesuatu yang koheren atau berfungsi; mereorganisasi elemen-elemen ke dalam suatu pola atau struktur baru. Kemampuan mencipta terdiri atas kemampuan-kemampuan berikut:
(1) generating, yaitu menyusun hipotesis alternatif berdasarkan pada suatu kriteria.
(2) merencanakan (planing), mendesain, yaitu merancang suatu prosedur untuk menyelesaikan suatu tugas.
(3) memproduksi, membangun, yaitu menyusun suatu rencana untuk memecahkan masalah yang memiliki spesifikasi tertentu.


Sumber:
Lukmanul Hakiim. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

0 komentar:

Posting Komentar