Sabtu, 22 Oktober 2011

SILABUS


Pengertian
Sebelum guru membuat rencana pembelajaran, terlebih dahulu harus memahami silabus dan langkah pengembangannya, dikarenakan rencana pembalajaran disusun dan dikembangkan berdasarkan rumusan silabus yang telah ditetapkan.

Salim (dalam Abdul Majid, 2009: 38) menyatakan bahwa silabus merupakan garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi dari materi pelajaran. Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, serta pokok-pokok dan uraian materi yang perlu dipelajari peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kemampuan dasar.

Yulaelawati (dalam Abdul Majid, 2009: 39) menambahkan, silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Isi Silabus
Di dalam silabus hanya tercakup bidang studi atau mata pelajaran yang harus diajarkan selama waktu setahun atau satu semester. Pada umumnya silabus harus mencakup minimal beberapa unsur, yaitu: (1) tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan, (2) sasaran-sasaran mata pelajaran, (3) keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik, (4) urutan topik-topik yang yang diajarkan, (5) aktivitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan pengajaran, dan (6) berbagai teknik evaluasi yang digunakan.

Nurhadi (dalam Abdul Majid, 2009: 40) menambahkan bahwa, silabus berisi uraian program yang mencantumkan beberapa hal, antara lain: (1) bidang studi yang diajarkan, (2) tingkat sekolah, (3) semester, (4) pengelompokan kompetensi dasar, (5) materi pokok, (6) indikator, (7) strategi pembelajaran, (8) alokasi waktu, dan (9) bahan/alat/media.

Manfaat Silabus
Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana peembalajaran dalam satu standar kompetensi maupun kompetensi dasar. Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan belajar; secara klasikal, kelompok, maupun individual. Silabus juga bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian, di mana sistem penilaian mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar, serta pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

Prinsip Pengembangan Silabus
Silabus merupakan salah satu produk pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang berisikan garis-garis besar materi pembelajaran. Beberapa prinsip yang mendasari pengembangan silabus antara lain: (1) ilmiah, (2) memperhatikan perkembangan dan kebutuhan peserta didik, (3) sistematis, (4) relevansi, (5) konsisten, dan (6) kecukupan.

Sumber:
Abdul Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

0 komentar:

Posting Komentar